Langsung ke konten utama

GACHA : FALSE SENSE OF SATISFACTION DARI HOKI DAN ADIKSI

Diwarkop biasa seputaran komplek, terdengar sebuah percapakan bocil-bocil sedang meng-gacha.

 

A : wuih, enak kali ko ya dapat SSR Cuma 10x gacha, Aku uda abes 200rebu belum dapat juga itu SSR.

B: Tulah ko, asik melawan orang tua aja, makanya ngga hoki.

A : Enak aja, aneh wee padahal seminggu ini aku rutin gacha jam 3 malam. Tapi gapapa lah, aku punya banyak SR sekarang. Jadi ngga rugi rugi amat.

A : yaudah. Ko top up lagi aja, nnti biar aku yang gacha-in, mungkin jari ko yang salah.


......

Saya yang sedang menyeruput kopi di meja sebelahnya ingin sekali menyahut "otak mu yang salah kali dek"

namun tidak saya lakukan, karena saya juga pernah diposisi seperti itu.

hehe

Loot Box Overwatch

Gacha, fenomena lama yang semakin hari semakin berbahaya.

......

Gacha

istilah Gacha dalam konteks game sebenarnya adalah kegiatan usaha untuk mendapatkan sesuatu dengan bertaruh secara untung-untungan dengan modal resource ingame yang kita miliki.

Singkatnya kayak gambling. 

Namun dalam beberapa kasus, terkadang modal gacha juga melibatkan uang asli, pikiran, perasaan, kesehatan, hubungan antar manusia, dan masa depan.

(wkwkwkwk, beneran ini loh)


Bagi penikmat Gacha, kegiatan ini candunya udah setingkat nikotin,  yang memiliki sifat adiktif dan ketergantungan jika sudah merasakan nikmatnya.

(apalagi kalau hoki dapet barang langka)

selain adiktif, efek buruk dari ketagihan gacha ini adalah normalisasi perasaan puas yang palsu dari kejadian-kejadian yang dialami, yaitu perasaan puas yang dipaksakan. yang sebenarnya ngga puas, tapi harus puas.


peristiwa ini bisa di istilahkan sebagai

False Sense Of Satisfaction

(waduh gmana tuu) 

...

false sense of satisfaction 

false sense of satisfaction adalah suatu perasaan puas palsu yang didapatkan seseorang atas hasil yang kurang memuaskan yang di alaminya. dikarenakan mendapatkan sesuatu yang berbeda dari apa yang dia inginkan pada awalnya.

contohnya bilang nya ikhlas, padahal jauuhhhhh dalam hati kagak.

Beda halnya dengan ikhlas yang notabene konotasinya baik.

Puas palsu ini adalah konotasi buruk kata puas ketika seseorang dihadapkan oleh realita, dicampur rasa kesal yang berakhir dengan menghibur diri dengan berbagai macam alasan.

Namun dalam kasus gacha ini diperparah dengan ditiadakannya pilihan mengasah kemampuan dalam usaha meng-gacha tersebut.

aktivitas gacha ini adalah murni bergantung pada probabilitas semata!

Alias hoki-hokian

....

Dalam sistem gacha, kita tidak dapat memilih barang apa yang mau kita beli, melainkan hanya diberikan kesempatan dan peluang untuk bisa memiliki barang tersebut.

tingkat peluangnya pun bisa berbeda-beda~

ada yang mulai dari 50%, 10%, 1%, bahkan 0,001% tergantung rarity nya

ini akan memacu seseorang untuk terus membeli peluang tersebut berkali-kali hingga barang yang diinginkannya berhasil di dapatkan lewat sistem untung-untungan ini.

(tidak jarang hal ini malah membuat player menghabiskan resource melebihi yang sepantasnya) 

inilah yang memunculkan excitement dalam meng-gacha, serta awal dari adiksi yang berbahaya.

.....

Tidak bisa dipungkiri, fenomena gacha memang tumbuh subur di industri gaming saat ini..

Namanya pun beragam mulai dari Lootbox, Treasure, Wish, fortune, Blessing, Mystery box dan lain lain.

Immortal Treasure Dota 2

Wish Genshin Impact

Developer memanfaatkan adiksi para playernya untuk terus mencoba sambil menghabiskan resource-nya (dalam hal ini duit), demi mendapatkan barang-barang yang diinginkannya.

 

Which is, adalah cara yang sah sah saja. (namun agak menjengkelkan kalo ngga hoki)

Toh dari awal juga tidak ada paksaan dari pihak dev kepada player untuk terus menggacha kan?

 

Ini semua ada di pilihan kita, para player.

Mau terus lanjut, atau berhenti.

 

Akan tetapi, sebagai pribadi yang sudah tobat kapok dalam urusan microtransaction dalam sebuah game.

Sistem gacha seperti ini lebih serasa seperti scam/penipuan.

Bukan karena saya sering tidak hoki atau tidak bisa menikmati keseruan gacha.

Namun Akan lebih bijak jika Developer juga menyediakan metode pilih-beli-terima secara normal.

(normal microtransaction > gacha)


Ga masalah lebih mahal, namun jelas dan pasti.

Ketimbang meng-gacha dan dikecewakan dengan ekspektasi.


Btw klo gacha nya gratis yaa gapapa sih :)


Mashooookkk!!!!

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ZEKE YAEGER : EUTHANASIA DAN NIHILISME

Setelah membaca chapter 137 Attack On Titan, mustahil rasanya untuk tidak merasa iba kagum terhadap character development   Zeke yaeger. (Memanglah kau Isayama yaaa., pinter x mainin emosi pembaca) Keputusan-Perbuatan-Gagasan Zeke memang sulit diterima, namun dari sini bisa disimpulkan bahwa Zeke adalah seorang yang rela melakukan banyak hal kurang ajar jahat demi mewujudkan tujuannya.   Masa Kecil Zeke Zeke diceritakan sebagai anak kecil dari kaum Eldia yang selalu ditekan  Ayah nya agar bisa menjadi kandidat pewaris Titan Marley, agar rencana pengkhianatan ayahnya terhadap negara Marley tersebut bisa berjalan dengan lancar. Young Zeke Well, Zeke memang pada akhirnya berhasil menjadi pewaris titan,   meskipun dengan cara membocorkan rencana rahasia orang tuanya sendiri sebagai bukti loyalitas terhadap Marley. Yang mengakibatkan ayah, ibu, dan keluarga-keluarganya di eksekusi mati.   Gokil nih orang~   Selepas orang tuanya di eksekusi, Zeke beranggapan bahwa untuk

CHAINSAW MAN

  Chainsaw Man. WHAT IN THE HELL begitulah pandangan saya ketika selesai membaca Chainsaw Man. Manga dengan 97 chapter karangan tatsuki Fujimoto. berhasil menghipnotis saya untuk membacanya nya semalam suntuk sampai selesai dikarenakan artwork, alur cerita, dan karakter-karakter yang memorable yang memikat, serta tentu saja plot twist yang sangat diluar nalar. membaca Chainsaw Man membuat emosi saya sebagai pembaca terombang ambing seperti naik kapal kecil ditengah lautan ganas atau menaiki roller coster yang sudah lama tidak maintenance. cemas, takut, tegang, dan berharap bisa cepat selesai. namun SERU!!!! Dengan pace cerita yang tidak bertele-tele namun pas, Chainsaw Man menyajikan pula pertarungan berdarah-darah yang sangat epic. ini sedikit mengobati kerinduan saya akan pertarungan manga berserk yang penuh darah, yang sampai sekarang tidak jelas sampai kapan rilis chapter terbarunya.  yang paling menonjol dari Chainsaw Man adalah pengembangan dan cerita masing-masing karakter-karak

TOLKIENWORKS : SILMARILLION

The Silmarillion. Sebuah Novel karangan JRR Tolkien yang berjumlah 624 halaman yang berisikan kisah-kisah nan kuno sebelum zaman ketiga dalam cerita dunia fantasi ciptaan Tolkien. yang belibet, penjabaran yang (sangat) kurang lengkap, dengan alur yang sangat cepat, rasanya seperti  membayangkan dongeng dalam mimpi sebuah kejadian kejadian penting pada zaman zaman pendahulu kisah LOTR tanpa tedeng aling aling.  Bisa dibilang alurnya tuh begini. wooouusshh! ini awalnya. Ini alasannya kenapa harus begitu. ini konfliknya. BAMM dan ini hasil nya. arrrghhh i need more than just that! tapi yaaaa mau gmana lagi. pengarangnya uda mokad tahun 1973 Jadi ya nikmatin ajalah. konsekuensi membaca Silmarillion yaaa memang begitu. karena bagi penikmat tolkienworks, membaca silmarillion sudah pasti didasari oleh rasa penasaran akan bagaimana cara dunia fantasi nya bekerja, bagaimana zaman-zaman sebelum kisah The HOBBIT dan trilogi LOTR, ada kejadian apa di Perang-Perang besar zaman dahulu, yang melibatk